Tinjauan singkat terhadap neraka-5 oleh Pdt. harun dethan,MA.

Kehidupan yang sekarang saja secara umum manusia tidak dapat menahan panas dalam suatu ruang dan tidak tahan untuk waktu yang lama dalam ruang hampa udara, bagaimana mungkin dapat menikmati suasana di dalam neraka. Neraka adalah dunia yang tidak kelihatan secara umum.2

Tempat ini akan menjadi nyata setelah hari penghakiman, ini tempat yang mengerikan setiap orang yang masuk ke sana akan mengalami masa siksaan yang belum pernah ada sebelumnya, tidak ada persembunyian dan perpindahan tempat berdasarkan suka atau tidak suka.

Perjalanan menuju Neraka, dijalan ini tidak dikenal tata tertib semuanya bebas untuk kesana tidak akan dipersulit, mengapa begitu mudah untuk memasuki tempat ini? Karena ini adalah tempat bebas aturan hidup, makanya penghuninnya berjumlah besar, Alkitab berbicara lebih banyak tentang neraka dari pada surga. Hal ini mungkin karena lebih banyak manusia yang akan berakhir dineraka dari pada surga. Pada tahun 1747 John Wesley menuliskan kata-kata berikut ini saya rindu sekali untuk bias melihat secara langsung surga dan neraka……,3

1Surga atau neraga pilihan ditangan anda, Harun I. Dethan, Crythal Ministry Publishing,1997 cet.1 hal 9

2Tafsiran Alkitab WYCLIFFE Vol 3.PB Yayasan Gandum Mas, 2001 hal 268Orang 3 Kristen Masuk Neraka? Seung Woo Byun, Metanoia, 2007. hal 6

Bab III

Tempat ini akan dihuni oleh lusifer sebagai pemberontak dan ia memimpin dineraka namun ikut disiksa bersama roh-roh jahat, keberadaan mereka di neraka maka akan menimbulkan kengeriaan besar dan sang malaekat buruk rupa ini akan menyiksa semua manusia yang masuk neraka, penghuni neraka adalah oaring-orang yang tidak memelihara kesucian hidup didalam Allah sewaktu ia hidup dibumi. Mereka yang semasa hidup melakukan perbuatan yang bodoh; yakni mati karena bunuh diri, murtad “pengingkaran terhadap iman kepada Allah, Paulus mengatakan bahwa hari Tuhan tidak akan datang sebelum kemurtadan….”4

Pemurtadan dapat terjadi karena pengaruh dunia ini yang menundukan manusia pada keinginan, keangkuhan, kedagingan sehingga pupuslah keyakinan pada Allah. Penghuni neraka adalah manusia yang bertahan dan mati dalam dosa, ini merupakan hidup yang sia-sia penawaran untuk merdekla dari dosa tidak diresponi bahkan lebih memilih nikmati dosa dari pada mengalami kegirangan dalam hidup bersama Allah.

Ternyata penghuni neraka dapat kita jumoai dalam Alkitab yakni : Malaikat-malaikat yang berdosa yang ikut serta dalam pemberontakan lusifer, sebagai salah satu malaikat yang diangkat Allah sebagai pemimpin dari para malaikat disurga, namun kebebasannya itu membuat ia ingin menyamai Allah, ia begitu sombong maka Allah pun melemparkannya ke bumi dan ia turut menyeret malaikat-malaikat yang lain. Tidaklah heran jika Allah menciptakan neraka untuknya, sebagaimana dalam 2 Petrus 2:4 mengatakan “Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkan nya kedalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman.”

4 Kamus Alkitab (A Dictionary of the Bible) Browing.W.R.F cet.1 BPK Gunung mulia, 20007 hal 277

Neraka diciptakan juga untuk para iblis yang terus menerus menggoda manusia dan membawa manusia ke dalam cengkramannya sehingga menjadi pengikut setianya. Maka nasib dari iblis pun ditentukan Allah dengan melemparkan kedalam neraka untuk disiksa, Matius 25:41 mengatakan “Dan ia akan berkata juga kepada mereka yang disebelah kirinya Enyahlah dari hadapanku, hai kamu orang-orang terkutuk enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk iblis dan malaikat-malaikatnya.

Di tempat yang gelap dan suram ini yakni neraka kemungkinan besar merupakan tempat beristirahatnya para nabi palsu, karena dimasa hidup sementara, mereka memperdaya manusia dan untuk membuat banyak orang percaya maka nabi palsu in i mempengaruhinya dengan tanda-tanda ajaib ssebagaimana dikatakan dalam Wahyu 19:20 “Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu yang telah mengadakan tanda-tanda didepan matanya dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda binatang itu dan yang telah menyembah patungnya keduanya dilemparkan hidup-hidup kedalam lautan api yang menyala-nyala oelh belerang”

Jadi nabi palsu dan pengikutnya tak akan bebas dari neraka, karena mereka mempercayai dan memberitakan ajaran-ajaran yang menyesatkan

Neraka awalnya disiapkan bagi iblis tetapi dalam perjalanan waktu tidaklah sedikit manusia yang berkarakter seperti iblis dan mencintai dunia sehingga duniawi dan melupakan sang pencipta yakni Allah, sehingga tempat ini terbuka untuk manusia yakni bagi setiap orang yang namanya tidak tertulis dalam buku kehidupan, Wahyu 20:15 berkata “Dan setiap orang yang tak ditemukan namanya tertulis dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke lautan api itu.” . Charles Stanley mengatakan Hades adalah tempat penyiksaan dan penderitaan yang luar biasa. Orang-orang dineraka akan dipisahkan dari Allah dan segala yang baik. Neraka adalah tempat yang nyata dan benar-benar ada..5

5 Charles Stanley’s Handbook for Christian Living, Nashville. TN.Thomas Nelson Publisher, 1996.

Ini akan terjadi dan penyesalan itu pun telah terlambat, Allah sendiri yang membuka kitab kehidupan dan membacakanya bagi setiap orang dengan keadilan dan kejujuranya Allah akan melemparkan setiap orang tak terdaftar karena dosa kedalam lautan api, ingatlah dalam buku kehidupan tidak ada kekeliruan.

Kesimpulan ini dibuktikan dengan ayat-ayat Alkitab yang dibaca penulis dan beberapa buku referensi yang pada akhirnya memberikan pembuktian secara ilmiah bahwa Neraka itu ada,dan bukanlah suatu hayalan yang sengaja dikembangkan untuk mempengaruhi pikiran seseorang atau umat Kristen yang bertujuan agar ada ketakutan terhadap adanya Neraka.

Dari bukti Alkitab yakni firman Tuhan yang telah penulis uraikan maka ada harapan yang kuat kiranya setiap orang mulai mewaspadai seluruh pikiran,perasaan, perbuatan dan perkataan agar tidak menimbulkan dosa sehingga dapat terhindar dari api yang tak kunjung padam itu.

Ini adalah pembelajaran yang mencerdaskan bagi setiap orang untuk bersandar dan beriman pada Tuhan Yesus, sekaligus mempersiapkan diri sendiri untuk sukses secara rohani.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Neraka tidak ada dengan sendirinya tetapi diciptakan Tuhan untuk para iblis dan malaikat berdosa, dan disiapkan juga bagi setiap orang yang menolak untuk percaya pada Tuhan Yesus dan bertahan didalam dosa.harunmotivator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: